Sop Ayam Pak Min Klaten : Street Food Who Went Viral

Dimana lagi kamu bisa mencari Sop Ayam yang enak dengan harga rata-rata di bawah Rp. 20.000,- per porsinya di Jakarta? Untuk ukuran rumah makan di Jakarta, bisa dibilang cukup langka. 

Pertama kalinya, gua mampir ke Sop Ayam Pak Min Klaten adalah di kota asalnya. Eh, tetangganya kota asalnya deh. Di Jogja, kita bisa cukup mudah menemukan cabang Sop Ayam Pak Min, karena memang se-nagih dan se-populer itu. Ketika mendengar mereka membuka cabang di Jakarta beberapa tahun lalu, I was very excited. Akhirnya Sop Ayam Pak Min ini tersedia dalam jangkauan delivery GrabFood. Izinkan gua bercerita kenapa Sop Ayam ini jadi spesial buat para pencintanya. 

First thing first, rasa. Resto apapun yang berhasil mendapat cap ‘Legendaris’ secara unofficial, berarti sudah memenangkan banyak lidah dalam perjalanan bertahun-tahun jualan. Begitu juga Sop Ayam Pak Min. Buat mereka yg kenal dengan sop ini, pasti sambil membaca sudah terbayang gurihnya sop yang dimasak berjam-jam. Tidak jarang, kamu akan menemukan serpihan tulang, karena disanalah sumber kaldunya. Wangi-wangi bawang putih yang sepintas muncul juga bikin sop ini makin menggugah lidah. Apalagi setelah ditambahkan jeruk nipis, segernya muncul dan lengkap sudah rasa yang menjadi ciri khas Sop Ayam Pak Min. By the way, percaya gak percaya, konon katanya, di sini mereka menggunakan ayam kampung loh. Gokil gak tuh? 

Ternyata, satu paragraf aja tidak cukup untuk ceritain sop-nya ya. But, you get what I mean, right? Let’s move on. Berikutnya, yang bikin Sop Ayam Pak Min memorable, adalah sajian sate telur puyuh dan sate ususnya. Hampir tidak mungkin tidak tergoda oleh cemilan sampingan ini. Kalau gua suka ngebanjirin sate telur puyuhnya dalam kaldu sop, lalu dimakan berbarengan dengan nasi. The best! 

Satu-satunya hal yang bisa di-improve dari Sop Ayam Pak Min adalah kenyamanan. 

I know, dengan harga se-affordable itu, ini akan terdengar seperti sebuah permintaan yang berlebihan. Gua ga lagi mengharuskan ruangan tertutup yang ber-AC dan kursi yang super nyaman kok. Apapun yang bisa bikin badan lebih sedikit berkeringat, akan membantu. But anyway, akhir-akhir ini pun gua uda lebih sering delivery dan makan at the comfort of my living room. So, no worries. 


Written By

Fellexandro Ruby

Food photographer, and story teller sharing his passion in food, travel, culinary hits and highlights. Always on the mission to make you drool. Founder of Wanderbites.com

Photos By

Wanderbites & Co

A content creation & social media agency supporting clients from the likes of Naked Press, Timberland, Abura Soba, Ying Thai and many more. Check our Instagram @wanderbites.co for portfolio or email us at hello@wanderbites.com for more info.

Other stuff you might like

0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

@wanderbites on Instagram

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.